A9d0868a1137c835acd8f7bbdf7cd6ce?s=128

Lau Jonsson

curran20jernigan

Ibadah umrah ialah salah satu ibadah yang memerlukan jasmaniah yang fit. Namun, banyak jamaah umroh adalah lansia yang membutuhkan pendamping.

Nah, tentu memerlukan tips khusus saat kita patut mendampingi orang tua ataupun family orang lanjut usia dikala menjalankan ibadah umroh.

1. Pilih penerbangan direct
Perjalanan dari mulai Jakarta menuju Arab Saudi memakan waktu kira-kira 10 jam. Memilih penerbangan langsung yaitu salah satu metode supaya meminimalisir kecapekan lansia dalam perjalanan.

Untuk menghindari antrian toilet di bandar udara Jeddah ataupun Madinah, sebaiknya pakai toilet ketika masih ada dalam pesawat.

2. Membawa kursi roda dari tanah air
Bila orang lanjut usia menggunakan kursi roda maka sebaiknya menyiapkan kursi roda sendiri dari tanah air. Katakan pada layanan travel ketika akan membawa kursi roda. Saat di airport, jamaah tidak membutuhkan menggunakan kursi roda sendiri, sebab akan disediakan kursi roda oleh pihak maspakai.

umroh yogyakarta Petugas dari maskapai akan mengurus jamaah berkursi roda, dari mulai kedatangan di bandara hingga masuk ke pesawat.

3. Pahami masa kritis jemaah lansia
Masa kritis maksudnya masa puncak keletihan jemaah. Lazimnya jamaah bakal merasa sangat keletihan saat baru hingga di Arab Saudi, apalagi dikala mengantre di imigrasi bandar udara.

Selain itu, jemaah lansia lazimnya merasakan kecapekan sesudah melaksanakan perjalanan panjang dari kota Madinah ke Mekah ataupun sebaliknya. Hal ini dikarenakan jarak Kota Madinah ke Mekah yang cukup jauh.

4. Pakai trek khusus kursi roda
Di Mesjid Nabawi serta Masjidil Haram tersedia jalur khusus untuk pemakai kursi roda. Di Mesjid Nabawi, ada beberapa jalur untuk kursi roda yang sudah ditutup kira-kira setengah jam sebelum azdan. Usahakan berangkat lebih dulu agar masih bisa melalui jalanan khusus pemakai kursi roda.

Kalau terdapat keluhan kesehatan saat beribadah, jangan segan menghubungi petugas yang berpatroli di area masjid.

Lau Jonsson hasn't published any talks.