Pro Yearly is on sale from $80 to $50! »

Panduan tugas akhir di masa pandemi

Panduan tugas akhir di masa pandemi

Terkait dengan artikel blog sebelumnya yang telah dibaca banyak orang, http://dasaptaerwin.net/wp/2020/04/alternatif-solusi-tesis-kala-covid-melanda.html, saya merilis dokumen salindia berikut sebagai panduan untuk tugas akhir yang dimulai atau dilaksanakan di masa PSBB pandemi Covid. Bila sekiranya relevan dengan kebijakan perguruan tinggi masing-masing, silahkan dipakai. Dokumen ini saya rilis di bawah lisensi CC-0 Public Domain (bebas pakai). Semoga bermanfaat. :)

Tautan blog http://dasaptaerwin.net/wp/2020/05/panduan-tugas-akhir-di-masa-pandemi.html

482627ef66f15a078118328915d9d092?s=128

Dasapta Erwin Irawan

May 22, 2020
Tweet

Transcript

  1. Panduan tugas akhir di masa pandemi Dasapta Erwin Irawan (ITB

    / RINarxiv) Lisensi CC-0 public domain Twitter: @dasaptaerwin 1
  2. Berlaku untuk 2 MAHASISWA S1, S2, DAN S3 TUGAS AKHIRYANG

    DIMULAI SAATPSBB ATAUPEMBATASANAKTIVITASKAMPUS (LOCKDOWN) TELAH BERLAKU TUGAS YANG AWALNYA MEMBUTUHKAN DATA LAPANGAN(MISAL SURVEY GEOLOGI, SURVEY AIR, SURVEY WAWANCARA)
  3. Pertimbangan 3 MENGIKUTI ARAHAN PEMERINTAH PUSAT, DAERAH DAN ITB UNTUK

    MEMBATASI AKTIVITAS DI LUAR RUANGAN. BAHWA INTERAKSI DENGAN ORANG LAIN ATAU MENGUNJUNGI TEMPAT-TEMPAT YANG BERESIKO PENULARANPERLU DIBATASI.
  4. Pertimbangan 4 BAHWA BEBERAPA PERGURUAN TINGGI MUNGKIN TELAH MENGIZINKAN TUGAS

    AKHIR BERBASIS DATA SEKUNDERSEPENUHNYA. BAHWA DALAM ERA SITASIDATA (DATA CITATION), TELAH BANYAK DATASET YANG DENGANSENGAJA TELAH DIBUKA DENGAN KUALITASYANG BAIK.
  5. Tujuan dokumen ini dibuat 5 Slide ini bisa menjadi petunjuk

    teknis berkaitan dengan tugas akhir berbasis data sekunder yang mungkin sudah dirilis di tingkat perguruan tinggi. Memberikan panduan kepada para mahasiswa dan juga dosen pembimbing. Menjaga kualitas tugas akhir di masa pandemi.
  6. Jenis data sekunder yang dapat digunakan 6 Peta, penampang, dan

    yang sejenisnya, Data geokimia, kualitas air, petrofisik batuan, pengukuran kedudukan batuan, pengukuran kedudukan elemen struktur geologi, hasil XRD, XRF, dan yang sejenisnya, Data pemboran: inti bor, log bor, dan yang sejenisnya, Foto/gambar sayatan tipis, foto/gambar fosil/mikrofosil dan yang sejenisnya.
  7. Sumber data yang dapat digunakan 7 Makalah ilmiah dalam bentuk:

    makalahtertinjau yang terbit di jurnal, makalah tertinjauyang terbit di prosiding seminar, Laporanriset: Riset perguruantinggi, Riset Dikti, Riset puslitbang, dan yang laporanriset yang didanai negara sejenisnya. Laporanproyek perusahaan: Perlu kehati-hatian untuk laporan proyek perusahaan! Pembimbing memiliki peran besar untuk mendapatkan perjanjian penggunaan data (data usage agreement),
  8. Sumber data yang dapat digunakan 8 Buku tugas akhir: skripsi,

    tesis, disertasi. Sayangnya hampir tidak ada perguruan tinggi yang membuka dokumen tugas akhir secara daring dengan lengkap. Mayoritas hanya mengunggah abstrak dan beberapa halaman penting saja. Buku teks, buku ajar: Buku dengan lisensi bebas pakai adalah yang ideal. Perlu kehati-hatian untuk buku yang dirilis di bawah Hak Cipta Mutlak (all rights reserved).
  9. Kriteria (1) 9 Kejelasan fisik dokumen: Bila bersifat tercetak, dokumen

    harus ada dan dipegang oleh mahasiswa (tanpa harus mengunjungi perpustakaan atau tempat-tempat lain), Bila bersifat daring, mahasiswa harus dapat memberikan tautan daringnya. Tautan daring harus aktif. Kejelasan sumber data: Siapa yang menulis atau menyusun, Siapa yang memberi dana, Siapa yang menerbitkan, Ketiganya pihak tersebut sama atau berbeda.
  10. Kriteria (2) 10 Kejelasan syarat dan ketentuan dokumen (mahasiswa perlu

    dibantu oleh dosen pembimbing). Apakah untuk menggunakan data dibutuhkan izin dari pihak tertentu?
  11. Kriteria (2) 11 Apakahdata dirilisbersamamakalahyang bersifatnon OA? Dalam kondisi ini,

    mahasiswaperlu memeriksa lamanHak Cipta jurnal? Bagaimanacaramahasiswa meminta izin untuk menggunakan data. Apakahdata dirilisbersamamakalahyang bersifatOA? Kalau OA, makabiasanya dirilismenggunakanlisensi bebaspakai (CC-BY).
  12. Kriteria (3) 12 Untuk data berupa grafis (peta, foto, gambar),

    resolusi harus tinggi agar dapat dilakukan interpretasi ulang. Bila peta tidak tersedia berkas SHPnya, maka mahasiswa harus memplot/mendigitasi ulang. Untuk data berupa tabel, harus tersedia berkas berformat xls, csv, atau yang sejenisnya. Bila tabel hanya tersedia dalam format PDF, mahasiswa harus mengetik ulang data tersebut. Untuk data berupa log in bor, atau log bor, akan bagus kalau berkas tabel datanya tersedia. Bila tidak, maka mahasiswa harus membuat ulang.
  13. Beberapa portal yang dapat digunakan untuk mencari dataset 13 INTERNAL:

    Repositori Digital Library di tingkat perguruan tinggi, sayangnya hampir tidak ada repositoriyang mengunggah dataset, Direktori tugas akhir yang di prodi, fakultas, atau perguruan tinggi.
  14. Beberapa portal yang dapat digunakan untuk mencari dataset 14 EKSTERNAL

    REPOSITORI ILMIAH NASIONAL (RIN): rin.lipi.go.idadalah repositori data yang dibuat oleh LIPI, Repositori terbuka: Zenodo (zenodo.org), OSF (osf.io), Figshare (figshare.com),
  15. Beberapa portal yang dapat digunakan untuk mencari dataset 15 PANGAEA.de.

    Ini portal data kebumian dan lingkungan. Semua data yang ada di sini dirilis oleh masing-masing pembuat dengan lisensi bebas pakai. Sebelum tayang, semua data yang dikirimkan telah menjalani peninjauan. https://www.earthchem.org/, portal data kimia/geokimia, https://www.usgs.gov/media/images/soil- data-portal-geochemistry-and-mineralogy>> contoh portal tanah USGS, http://portal.onegeology.org/OnegeologyGlo bal/>> contoh portal data geologi, https://www.bgs.ac.uk/opengeoscience/>> portal British Geological Survey,
  16. Beberapa portal yang dapat digunakan untuk mencari dataset 16 http://paleoportal.org/,

    https://paleobiodb.org/#/>> bidang paleontologi, Github.com, Gitlab.com, dan portal data lainnya yang dapat ditemukan "dengan mudah" menggunakan kata kunci "open dataset geology" atau "open dataset geoscience/earth sciences"
  17. Prinsip dasar tugas akhir tipe ini adalah 17 Bukan untuk

    mengulang referat (menceritakan kembali penelitian lama), Menambah wawasan mahasiswa terhadap berbagai analisis yang dapat diaplikasikan kepada sebuah data, Menambah wawasan mahasiswa terhadap berbagai kondisi data dari lokasi yang berbeda.
  18. Spesifikasi tugas akhir yang diharapkan 18 Menghasilkan interpretasi baru dari

    data lama atau kombinasi data lama, Menghasilkan interpretasi baru dari kombinasi data lama dan data baru, Mengevaluasi kembali interpretasi lama dari data lama, berdasarkan teori baru dan/atau data baru,
  19. Spesifikasi tugas akhir yang diharapkan 19 Mencoba menghasilkan teknik analisis

    yang berbeda/baru untuk data lama, Melakukan karakterisasi data lama pada lokasi yang berbeda, Melakukan interpretasi pola fluktuasi terhadap data seri waktu.
  20. Penutup Mohon pendapat dan koreksi untuk memperbaiki dokumen ini. Silahkan

    menggunakan ulang dokumen ini bila dirasa sesuai. Silahkan bersurel ke mari d_erwin_irawan at yahoo dot com. 20